Hati-hati Hacker!

Kata "Hacker" sudah tidak asing lagi ditelinga kita, apa lagi bagi para gamers. Hacker sendiri dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki keahlian berkenaan sistem komputer dan pemrograman. Istilah hacker sendiri mengalami perkembangan pengertian dan definisi. Kata “hacker” mulai muncul di akhir tahun 1950-an, merujuk pada para programmer mahir. Kemudian di tahun 1970-an, istilah hacker digunakan untuk menggambarkan para revolusioner komputer yang menjadi cikal-bakal para pendiri perusahaan komputer. Akhir tahun 1980-an, kata hacker identik dengan pembajakan video game dengan menghilangkan proteksi dan menjualnya. Dan saat ini banyak yang mengartikan negatif bahwa hacker adalah seseorang yang menerobos sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses, menghapus file, atau mengacaukan sistem komputer.

Hacker dikelompokkan ke dalam lima jenis, berikut ini pembagiannya berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan:

1. White Hat Hacker

White hat hacker adalah hacker yang memegang teguh standar etika, akses ke sistem komputer dilakukan bukan untuk tujuan yang merugikan, tetapi untuk menguji ketahanan sistem tersebut. Jadi, hacker jenis ini senang mempelajari sistem, bahkan banyak dari mereka yang disewa sebagai konsultan keamanan. White hat hacker inilah adalah hacker yang sebenarnya.

2. Black Hat Hacker

Black Hat Hacker adalah jenis hacker yang aktivitasnya menerobos sistem keamanan komputer untuk melakukan kerusakan, seperti: menghapus file, pencurian identitas, penipuan kartu kredit, dan berbagi aktvitas merugikan lainnya. Hacker jenis ini disebut juga sebagai cracker.

3. Grey Hat Hacker

Grey Hat Hacker adalah orang yang menganut standar etika ganda dalam aktivitas hackingnya. Sekali waktu mungkin hacker ini menjunjung etika hacker, namun di waktu yang lain aktivitasnya melanggar batas-batas hukum. Jadi, kelompok ini berada di antara white hat hacker dan black hat hacker.

4. Script Kiddie Hacker

Script Kiddie Hacker adalah orang yang tidak mahir dengan sistem komputer, namun orang ini mampu menerobos sistem komputer dengan menggunakan software atau tools yang dibuat orang lain.

5. Hacktivist Hacker

Hacktivist Hacker adalah jenis hacker yang menggunakan kemampuannya untuk menyebarkan pesan–pesan tertentu (politik, agama, ideologi, dll). Mereka melakukan website deface untuk menampilkan pesan mereka di website korban.

Dari 5 jenis hacker yang ada diatas, sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki begitu banyak Hacker yang tersebar di seluruh Nusantara. Di mata dunia, Hacker Indonesia memang dikenal berbahaya dan tidak akan segan-segan melakukan perilaku cybercrime untuk membobol sesuatu. Terkadang memang tak dapat dipungkiri dan dilacak, hacker-hacker ini mempunyai skil tingkat dewa! Berikut fakta-fakta tentang hacker Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui :

1. Negara Dengan Jumlah Hacker Terbanyak di Dunia

Fakta mengejutkan ini diungkap Rudi Lumanto selaku Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII). Ia mengatakan bahwa Indonesia menempati urutan pertama dengan persentase 38% sebagai negara dengan jumlah hacker terbanyak disusul Tiongkok, Amerika Serikat, Taiwan, Turki, India dan Rusia. Banyaknya jumlah hacker di Indonesia diduga karena banyaknya media untuk mempelajari tentang hackingyang tersedia seperti tutorial dari internet, youtube hingga buku. Petunjuk dari berbagai media tersebut sangat detail hingga membuat orang-orang Indonesia sangat gampang menjadi seorang hacker.

2. Hacker Muda dengan Skill Menakutkan atau Skill Dewa

Mungkin bukan hal yang perlu ditakutkan jika sebuah negara memiliki banyak hacker, tapi dengan skill tak ada apa-apanya dibandingkan hacker dari negara lain. Namun, jangan salah menilai hacker di Indonesia. Tak hanya berjumlah banyak, hacker Indonesia juga memiliki skill yang menakutkan dan berbahaya.

Bahkan tidak sedikit hacker Indonesia masih berusia remaja, tapi memiliki skill luar biasa layaknya profesional. Sebut saja Sultan Haikal, hacker lulusan SMP berusia 19 tahun yang belum lama berhasil meretas situs Tiket.com yang mengakibatkan kerugian sebesar 4,1 Milyar.

3. Ahli Bobol Situs dan Website Berbagai Negara

Bukan sekali dua kali hacker Indonesia berhasil membobol situs dan website dari berbagai Negara. Yang paling baru dan heboh adalah aksi bobol situs Malaysia oleh hacker Indonesia akibat insiden bendera terbalik padaajang SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Hacker Indonesia yang begitu berang dengan kesalahan pihak Malaysia itu pun bergerak cepat. Puluhan situs resmi dan website pemerintahan milik Malaysia diretas. Salah satu situs Malaysia bahkan diubah tampilannya dengan gambar bendera Malaysia yang terbalik mewakili sakit hati warga Indonesia atas insident bendera terbalik di SEA Games tersebut.

4. Jago Perang Hacker

Kehebatan Indonesia dalam dunia hacker sudah tidak dapat diragukan lagi. Siapa pun yang mencoba mengusik para hacker Indonesia harus bersiap menghadapi perang yang berujung pada kekalahan. Pada tahun 2013 silam terjadi perang hacker antara Indonesia dengan Australia.

Perang ini bermula pada saat hacker Australia berhasil meretas sebuah situs dan memampangkan ratusan nomor kartu kredit dalam sebuah website. Yang membuat hacker Indonesia terpancing adalah terdapat nama-nama orang Indonesia lengkap dengan alamat email dan kode penerbangan turut diumbar begitu saja di website tersebut.

Hacker Indonesia semakin berang sebab hacker Australia dengan sengaja mengatakan bahwa daftar panjang kartu kredit itu adalah milik pelanggan pesawat Garuda Indonesia yang mereka curi. Tak tinggal diam, hacker Indonesia pun beraksi.

Kurang dari 24 jam, 178 website Australia diacak-acak. Serangan itu berjalan selama berhari-hari bahkan situs pemerintah Australia pun ikut terkena serangan. Peringatan dari hacker Australia dan serangan balik pun tak menjadi hambatan. Hacker-hacker Indonesia terus menyerang sampai hacker Australia menyerah danmemohon melalui video youtube yang diunggah agar Indonesia menghentikan serangan hacking yang membabi buta.

5. Bisa Mengendalikan Satelit

Jim Geovedi mendadak mendapat sorotan dunia karena berhasil meretas sebuah satelit. Bukan sekedar meretas, ia bahkan bisa mengubah arah atau menggeser posisi satelit tersebut sesuai keinginannya. Kemampuan Jim sudah diakui secara internasional padahal ia mengaku belajar hacking secara otodidak tanpa kuliah. Hebatnya lagi, ia mengaku bisa mengendalikan internet di seluruh dunia jika ia mau.

Itulah 5 Fakta yang membuat Hacker Indonesia ditakuti dunia. Bagaimana? Masih berani macam-macam dengan Indonesia? Siap-siap kena serangan cybercrime menakutkan dari para hacker Indonesia yang berbahaya dan menakutkan.

Bagi Sobat Boyaa, jangan lupa untuk menjaga keamanan akun, gunakan password yang lebih susah dan jika kamu menggunakan akun FB, kami menyarankan untuk menambahkan beberapa alamat email agar lebih aman. Jika kamu mengalami masalah hack, silakan feedback dengan memberikan waktu kejadian dan nomor id secara rinci dan lengkap agar dapat diperiksa dan dilacak ya :)

Salam